Profesi Mahal Zaman Global

Web Designer

      Mendengar dari namanya pasti anda sudah bisa membayangkan bahwa web designer adalah seseorang yang mendesain sebuah web, seorang web designerlah yang membuat tampilan sebuah web menjadi cantik dan enak dilihat. Para web designer mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page (isi halaman).

      Seorang web designer diharapkan mengerti pemahaman tentang client side scripting, HTML, CSS, cara memanipulasi image dan animasi.

Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:

1.  Client-side scripting: JavaScript
2.  Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
3.  Cascading Style Sheets
4.  HTML
5.  Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
6.  Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi sangat berguna bagi para web designer.

Web Programmer

      Web Programmer, dari namanya saja sudah dapat dibayangkan bahwa dia adalah programmer yang membuat web / aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web programmer biasanya berperan sebagai penghubung semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

      Seorang web programmer diharapkan menguasai bahasa pemrograman baik di sisi server maupun di sisi client, selain itu seorang web programmer juga dituntut untuk bisa mengoperasikan database.

Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer .

1. Client-side: JavaScript
2.  Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
3.  Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Seorang web programmer tidak diwajibkan untuk bisa mendesain tampilan web karena itu akan menjadi tanggung jawab seorang web designer, namun akan menjadi nilai tambah jika seorang web programmer memiliki kemampuan mendesain tampilan web. Pada umumnya setelah web programmer selesai melakukan scripting pada aplikasi web, web programmer akan menyerahkan
hasilnya kepada web designer untuk dibuatkan tampilan yang menarik.

Web Administrator

      Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website khususnya server. Seseorang Web Administrator harus mengerti secara mendalam tentang sistem operasi yang di gunakan server, proses penginstalan, memahami jaringan LAN, WAN, keamanan data server, dan yang penting dia juga harus dapat mengatasi masalah Troubleshooting.

Tugas Web Administrator

1. Server Monitoring yaitu Server Monitoring adalah Mengawasi sebuah server sehingga server dapat berfungsi dengan baik.
2. Server Management yaituServer Management adalah mengatur sebuah server terhadap sebuah konfigurasi server, baik dari sisi keamanan maupun fitur – fitur yang disediakan
3. Server Update yaitu Server Update adalah Memperbaharui sebuah system server terhadap perangkat lunak pendukung yang digunakan
4. System Recovery yaitu System Recovery adalah Sebuah tindakan untuk meng cover data bila terjadi error atau trouble dalam operating system
5. Space Monitoring yaitu Space Monitoring adalah mengawasi pemakaian kapasitas data dari server
6. BackUp yaitu Melakukan proses backup data secara berkala.
7. Dokumentasi yaitu Membuat dokumentasi sebuah server

Web Master



      Mengapa web master bukan merupakan suatu profesi ?

      Webmaster sebuah kata yang ketika seseorang mendengarnya pasti menganggap bahwa sebutan tersebut untuk orang yang hebat dan handal dalam dunia internet terutama website. Memang tidak salah gelar atau sebutan tersebut untuk orang yang memang sudah ahli dalam bidang website, jadi tidaklah masalah bukan jika ada seseorang yang mendapat sebutan seperti itu?

      Webmaster merupakan sebuah sebutan yang diberikan oleh masyarakat kepada seseorang yang sudah ahli dalam bidang web atau website, yang mana sebutan untuk Webmaster bagi orang ahli dibidang desain web ataupun program web, yang mana poin yang pertama yaitu Webmaster dalam bidan desain web berarti dia dikatakan Webmaster karena keahliannya didalam mendesain web dengan keindahan dan citarasa yang tinggi sehingga dapat menghasilkan web yang indah dan berkualitas serta nyaman dipandang.Sedangkan poin yang kedua yaitu sebutan Webmaster untuk web progammer berarti seseorang tersebut memiliki keahlian dalam bidang pemrogaman web yang dapat mendesain web secara atraktif dan dinamis bahkan memiliki unsure yang mengandung percampuran antara logaritma dan juga menggunakan logika sehingga hasil yang dicampainya dapat menjadi seorang programmer yang cakap.

Tugas seorang Webmaster

      Seorang dikatakan Webmaster berarti dia telah cakap dalam pekerjaannya mengemban dan mengatur web yang sedemikian rupa layak untuk diacungi, namun tugasnya lah yang harus setiap saat diperhatikan yakni seorang Webmaster melakukan tugas sebagai penyandang web dengan mengatur serta mengkatkan kinerja yang didapat dari situs web tersebut.

      Tugas lain yang ada pada seorang Webmaster bisa juga dia harus selalu memeriksa kecepatan yang ditempuh oleh situs webnya serta dapat mengoptimalkan kinerja web itu sendiri, nah untuk menjalankan itu semua seorang Webmaster akan melakukan suatu kalkulasi terhadap web tersebut dengan waktu yang dbutuhkan untuk melakukan proses loading pada suatu webpage yang mana webpage itu dimiliki oleh user itu sendiri.Penjelasan panjang lebar ini saya kira sudah cukup membuat anda dapat memahami isi dari Deskripsi Arti Webmaster dan Tugasnya, dan saya berfikir anda sudah mengerti tentang apa itu webmaster dan tugas yang dijalaninya, terutama bagi kaum awam yang belum mengetahui tentang istilah komputer yang seperti ini, dan diharapkan postingan ini dapat membuat anda mengerti dan lebih belajar serta lebih ingin tahu tentang istilah-istilah asing dalam ilmu komputer.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment